You are currently viewing Tools Meningkatkan Ranking Webometrics

Tools Meningkatkan Ranking Webometrics

Tools Webometrics adalah sebuah lembaga yang melakukan peringkat universitas di seluruh dunia berdasarkan kinerja dan kualitas web mereka. Oleh karena itu, untuk meningkatkan peringkat kampus Anda di Webometrics, Anda harus memperhatikan faktor-faktor yang terkait dengan website kampus Anda. Pada artikel sebelumnya telah menjelaskan beberapa tools yang ampuh untuk menaikan peringkat Webometrics. nah, berikut ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang beberapa tools aplikasi yang dapat membantu Anda meningkatkan peringkat kampus versi Webometrics:

Baca juga : Tools Ampuh Meningkatkan Ranking Kampus versi Webometrics (Part 1)

Tools Meningkatkan Ranking Webometrics

Yoast SEO

Plugin SEO ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan konten situs web kampus Anda dengan mudah. Yoast SEO membantu Anda menulis konten yang lebih baik dengan memeriksa kepadatan kata kunci, memberi saran tentang penggunaan kata kunci, dan memastikan bahwa konten Anda terstruktur dengan baik.

Dengan Yoast SEO, Anda bisa membuat konten yang ramah SEO berkat penggunaan keyword yang tepat. Bahkan, Anda juga akan tahu apakah sebaran kata kunci itu sudah merata di dalam artikel. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat hasil analisis SEO dengan berbagai parameter. Sebagai contoh, meta title dan meta description yang nantinya tampil di hasil pencarian apakah sudah sesuai ketentuan Google.

Masih ada lagi fitur Readability Analysis yang bisa membantu Anda membuat konten yang bisa dibaca dengan nyaman oleh banyak orang. Akan ada informasi penggunaan kalimat penghubung, hingga kalimat pasif yang bisa membuat penjelasan terlalu panjang.

Kalau tertarik menggunakannya, WordPress SEO plugins ini memiliki 2 versi, yaitu: free dan premium. Untuk penggunaan dasar, versi gratis mereka sudah menawarkan fitur utama yang bermanfaat.

Berikut ini fitur gratis yang bisa Anda nikmati pada plugin Yoast SEO :

  • Focus keyword 
  • Konfigurasi meta robot
  • Konfigurasi RSS
  • Pengaturan permalink
  • Pengaturan Breadcrumbs
  • XML Sitemaps
  • File editor untuk .htaccess dan robots.txt
  • Bantuan verifikasi Google Search Console, Yahoo Site Explorer dan Bing Webmaster Tools
  • Import setting dari SEO tools lain

Bukan hanya fiturnya lengkap, cara menggunakan SEO Yoast juga mudah. Nah, sebelum masuk ke cara  setting Yoast SEO terbaik dan terbaru, mari  mulai dengan proses instalasi dulu!

Cara Install Plugin Yoast SEO

  1. Arahkan cursor ke menu plugins, jika sudah muncul menu add new silahkan klik. Anda akan diarahkan ke halaman penambahan plugin pada WordPress.
Cara Install Plugin Yoast SEO image 1
  1. Masukkan Yoast Seo pada kolom pencarian di kanan atas.
Cara Install Plugin Yoast SEO image 2
  1. Jika sudah muncul, silahkan klik install dan kemudian activated.
  2. Setelah plugin aktif, Anda akan menemukan menu SEO pada tab menu di bagian samping kiri layar.

Tools Meningkatkan Ranking Webometrics

Cara Setting Yoast SEO untuk pemula

Tadi kamu sudah mengunduh dan menginstal Yoast SEO, sekarang kamu perlu mengaturnya. Pengaturan SEO bervariasi dari suatu website dengan website lainnya, berikut ini cara melakukan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan secara mendasar.

1. Memulai konfigurasi Yoast SEO

Saat kamu sudah berhasil mengaktivasi plugin Yoast, kamu akan diarahkan ke halaman seperti berikut. Untuk melakukan pengaturan Yoast, klik Start first time configuration.

2. Optimasi data SEO

Pertama, cara setting Yoast SEO di website kamu adalah melakukan optimasi data SEO. Scroll ke bawah, kemudian klik Continue pada bagian SEO data optimization. Yoast akan melakukan optimasi data website. Sementara itu, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Pengaturan site representation

Cara selanjutnya, atur site representation. Kamu harus memberikan informasi mengenai representasi website, apakah digunakan untuk organisasi atau personal. Pilih pada kolom dropdown untuk melanjutkan. Setelah itu, masukkan nama/nama organisasi dan tambahkan logo/avatar. Jika sudah, klik Save and Continue.

4. Lengkapi social profiles

Untuk melengkapi metadata, kamu bisa menambahkan link ke sosial media kamu/organisasi. Ada berbagai pilihan sosial media, seperti akun Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, hingga Wikipedia URL. Setelah itu, klik Save and Continue.

5. Personal preferences

Di tahap ini, kamu diminta untuk memberi permission bagi Yoast untuk melihat data website dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan. Jika kamu setuju agaar Yoast melakukan usage tracking pada website, pilih Yes. Bila kamu tidak mengizinkan, pilih No, don’t track my site data.

Di bagian bawahnya, kamu bisa memasukkan email kamu untuk subscribe ke email newsletter Yoast. Klik Sign Up jika setuju untuk berlangganan.

Setelah selesai, klik Save and Continue.

6. Finish configuration

Kamu sudah sampai di tahap terakhir. Untuk mengecek data-data tadi yang sudah diisi, kamu bisa klik opsi edit pada setiap bagian yang tersedia. Setelah itu, kamu bisa mengunjungi dashboard SEO dengan klik Go to your SEO dashboard.

Cara Setting Yoast SEO dari Opsi General

Selain melakukan pengaturan Yoast SEO dengan cara di atas, kamu juga bisa mengaturnya secara manual. Di menu General Yoast SEO, ada empat tab yang bisa dikonfigurasi. Berikut penjelasannya:

1. Tab Dashboard

Di menu dashboard akan dipaparkan tentang notifikasi dan masalah-masalah yang ditemukan pada SEO website kamu. Bila tidak ada permasalahan pada SEO, kamu bisa melanjutkan tahap berikutnya.

2. Tab Features

Di tab Features, kamu dapat mengatur fitur-fitur utama Yoast dengan mengaktifkan atau menonaktifkannya. Kamu dapat dengan mudah memutuskan fitur yang ingin digunakan dengan menggeser toggle on/off. Setelah itu, klik Save changes. Berikut penjelasan mengenai masing-masing pengaturannya:

  • SEO analysis: Melihat skor dan melakukan analisa SEO terhadap konten yang dibuat.
  • Readability analysis: Menganalisa keterbacaan konten dan menunjukkan skor readability-nya
  • Cornerstone content: Mengelola konten utama atau pilar content pada website.
  • Text link counter: Memberi informasi tentang jumlah internal link pada artikel.
  • XML sitemaps: Membuat XML sitemaps untuk website.
  • Admin bar menu: Untuk menampilkan menu Yoast SEO pada toolbar WordPress admin.
  • Security: no advanced settings for authors: Menyembunyikan pengaturan SEO advanced untuk author.
  • Usage tacking: Mengizinkan plugin author untuk melacak penggunaan data.
  • REST API: Head endpoint: Mengizinkanmu/developer WordPress mengambil data SEO secara spesifik pada suatu post atau halaman.
  • Enhanced Slack sharing: Menambahkan baris author by dan estimasi waktu membaca ke snippet artikel ketika dibagikan melalui Slack.

Selain itu, ada dua pengaturan tambahan lagi untuk pengguna premium Yoast, yakni:

  • Insights: Menemukan data yang relevan terhadap konten dari bagian Insight di metabox Yoast SEO. Kamu dapat melihat kata apa yang paling sering digunakan dan apakah kata tersebut cocok dengan kata kuncinya.
  • Link suggestions: Rekomendasi internal link yang relevan ketika proses penulisan. Menunjukkan daftar postingan di blog dengan konten serupa yang bisa ditautkan.

3. Tab Integrations

Yoast SEO juga memiliki fitur integrasi dengan pihak ketiga, yaitu SEMRush, Wincher dan Ryte. SEMRush digunakan untuk mencari related keyword yang sesuai dengan focus keyword yang digunakan. Wincher membantu melacak frasa-frasa tertentu dan memberikan insight terhadapnya.

Sedangkan Ryte membantu menganalisa situs untuk pengindexan mesin pencari. Kamu bisa mengaktifkan ketiga integrasi tersebut untuk membantmu membuat konten yang lebih optimal untuk SEO. Untuk pengguna premium, kamu mendapatkan tambahan integrasi dari Zapier dan Algolia.

Tools Meningkatkan Ranking Webometrics

4. Webmaster tools

Supaya website kamu lebih mudah ditemukan di mesin pencari, tab ini perlu kamu perhatikan. Tab webmaster tools akan memberikanmu bantuan untuk melakukan verifikasi website dengan memasukkan kode dari berbagai tools search engine webmaster seperti: Baidu, Bing, Google ataupun Yandex.

Cara Setting Yoast SEO Terbaru dari menu Search Appearance

Pengaturan General pada plugin Yoast SEO

Untuk memulai, buka dasbor admin situs, cari opsi SEO di menu sisi kiri dan klik General. Ini akan membawa ke halaman di mana kamu bisa memiliki kesempatan untuk membuat beberapa opsi SEO dasar bagi situs kamu.

Jika ingin mengembalikan Yoast SEO ke pengaturan default, klik tab General

Pengaturan Your Info pada Plugin Yoast SEO

Pada bagian ini, cantumkan nama situs, atau apakah ada nama alternatif yang ingin dipakai. Kamu juga dapat memberitahukan apakah alat ini digunakan untuk kepentingan perusahaan atau perseorangan, yang akan mempermudah Google dalam memasukkan situs ke dalam hasil grafik informasi terkait.

Jika kamu menyiapkan SEO Yoast untuk situs web perusahaan, kamu dapat menambahkan hal-hal seperti logo perusahaan, yang juga dapat disertakan dalam hasil grafik informasi.

Webmaster Tools

Sekarang, mari masuk ke tab Webmaster tools. Kalau kamu berencana menggunakan Google Search Console, Alexa, Webmaster Bing, atau Webmaster Yandex, kamu bisa memverifikasi situs melalui situs ini jika belum terverifikasi.

Proses dasar untuk melakukan hal ini hampir sama. Di tutorial kali ini akan menggunakan Google Search Console sebagai contoh:

  1. Buka dasbor Search Console dan pilih Manage Property, lalu Verify this site dari kotak di sebelah situs yang ditambahkan ke Yoast. Jika belum menambahkan situs ke Search Console, kamu harus menambahkannya terlebih dulu.
  2. Pilih opsi verifikasi Tag HTML. Tidak perlu menyisipkan kode yang diberikannya ke bagian <Head> kode situs kamu, potong langsung saja kode itu dan tempelkan ke box Google Search Console yang dilihat di sini dan hapus semuanya kecuali yang ada di dalam tanda petik, termasuk tanda kutipnya itu sendiri.
  3. Klik Save Changes, ;alu kembali ke dasbor Google Search Console dan tekan Verify.

Fitur Security Plugin Yoast SEO

Terakhir, ada tab Security. Jika situs yang dikelola memiliki beberapa penulis yang dapat mengaksesnya, dan bahkan menambahkan konten, bagian ini perlu kamu optimasi.

Pengaturan Bagian Title and Meta

Selanjutnya, kamu bisa mengatur bagian Titles & Metas, yang dapat ditemukan di bawah opsi SEO di menu sisi kiri. Bagian ini sangat penting untuk tujuan SEO karena di sini kamu bisa memutuskan beberapa hal tentang bagaimana situskamu muncul di hasil pencarian.

Di sini, kamu akan memiliki kesempatan untuk mengubah tampilan judul. Sedangkan untuk opsi Force rewrite titles, bagian ini bisa memperbaiki masalah di mana beberapa situs memiliki tempat/nama situs yang muncul dua kali pada judulnya. Beberapa situs menggunakan tema WordPress yang memiliki tampilan judul built-in SEO, yang bisa menggantikan pengaturan yang kamu pilih di Yoast.

Jika kamu mengalami masalah ini, dengan memeriksa kotak ini, kamu dapat terbantu dalam menyelesaikannya. Jika mencentang kotak ini dan masih memiliki masalah judul duplikat juga, kami sarankan hubungi web developer  karena ada cara untuk memperbaikinya dengan mengedit site code.

Titles and meta descriptions

Berikutnya adalah bagian “Post Types”. Di sini,  kamudapat menyiapkan template dasar untuk title dan meta decsription untuk jenis halaman utama situs. Posting blog bisa mengikuti satu format, sementara halaman lain di situsmu mengikuti yang lain.

Jika kamu tidak secara khusus menulis judul atau deskripsi meta SEO yang dioptimalkan untuk setiap halaman judul dan deskripsi meta akan mengikuti template dasar. Kamu dapat mengisi ini dengan menggunakan variabel dan informasi yang ditentukan secara otomatis akan dimasukkan ke dalam judul dan deskripsi meta. Jika membiarkan kotak deskripsi meta kosong, mesin pencari akan menarik kutipan konten dari halaman tersebut.

Meta Robots

Dengan opsi “noindex, follow”, centang kotak jika ada sesuatu yang tidak ingin diindeks oleh mesin penelusur. Jika memiliki halaman yang ingin dihindari dari mesin pencari atau halaman yang dapat menyebabkan duplikat konten, seperti arsip konten, periksalah kotaknya.

Date in Snippet Preview

Jika sering membuat update blog atau posting konten tentang banyak cerita yang layak diberitakan, kamu mungkin ingin mengaktifkannya. Tetapi jika konten evergreen, kamu mungkin bisa menonaktifkannya sehingga orang tidak dapat melihat halaman di SERPs, memerhatikan tanggalnya, dan berasumsi bahwa situs kedaluwarsa atau ketinggalan zaman.

Yoast SEO Meta Box

Lalu ada pilihan untuk menyembunyikan Yoast SEO Meta Box. Jika berurusan dengan situs yang memiliki beberapa kontributor, kamu mungkin ingin menggunakan opsi ini untuk mencegah kontributor agar tidak punya akses mengubahnya.

Baca Juga : 100 Universitas Terbaik Indonesia versi Webometrics 2023

Taxonomies

Berikutnya adalah tab “Taxonomies”. Jika situsmu adalah sesuatu seperti blog yang menggunakan beberapa kategori dan tag yang berbeda untuk mengatur pos, kamu dapat menggunakan bagian ini untuk menyiapkan template bagi titles and meta description untuk halaman-halaman itu dengan menggunakan variabel seperti yang dilakukan di tab “Post Types”

Saat menjalankan blog, memiliki halaman konten arsip berdasarkan tanggal dan penulis merupakan cara terbaik untuk mempermudah pembaca menemukan konten masa lalu. Namun, halaman arsip tidak selalu bagus untuk mesin pencari, yang mungkin menganggapnya sebagai duplikat konten.

Tab “Archives” memungkinkan mencegahnya dengan memberi tahu apakah kamu ingin halaman arsip  diindeks atau tidak, atau kamu dapat menonaktifkan semua halaman arsip bersama jika diinginkan. Kamu juga dapat menyiapkan judul untuk tampil di halaman khusus seperti 404 halaman.

Pengaturan Bagian “Social”

Kamu dapat menambahkan URL ke setiap profil media sosial. Mengisi bagian ini memberitahukan mesin penelusur semacam Google bahwa mereka terkait dengan situs kamu. Setelah pengaturan media sosial, kembali ke bagian SEO dari menu sisi kiri dan pilih XML Sitemap.

XML Sitemaps pada Yoast SEO

Salah satu hal terbaik tentang Yoast SEO adalah membuat pengelolaan sitemap menjadi sangat mudah. Bila kamu mengaktifkan fungsi sitemap XML, Yoast SEO secara otomatis menghasilkan peta situs, memperbaruinya saa menambahkan konten baru, dan mesin telusur ping saat diperbarui.

Penggunaan Yoast SEO

Jika Yoast SEO sudah terpasang, selanjutnya kamu tentu ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakannya. 

Setelah kamu menginstal dan melakukan pengaturan Yoast SEO, buka menu sisi kiri di dasbor admin dan pilih All posts atau All pages untuk melihat daftar semua halaman/postingan. Lihat kolom bertuliskan “SEO” di sisi kanan layar.

Kolom ini menunjukkan sebuah titik yang mengarahkan penilaian Yoast SEO terhadap halaman tersebut. Yoast SEO menggunakan sistem yang cukup sederhana untuk menilai keramahan SEO sebuah halaman:

  • Titik abu-abu berarti Yoast SEO tidak memiliki informasi yang tersedia untuk halaman itu,
  • Titik hijau berarti halaman itu bagus,
  • Titik merah berarti ada beberapa masalah penting,
  • Titik kuning/oranye berarti ada ruang untuk perbaikan.

Jika kamu sedang dalam proses membaca semua halaman atau posting di situs dan mengoptimalkannya, kolom ini bisa sangat membantu karena kamu dapat mudah untuk mengidentifikasi halaman mana yang perlu mendapat perbaikan agar peringkat situs semakin meningkat di hasil SERP.

Ahrefs

Tools satu ini merupakan tool yang sangat berpengaruh terutama pada indikator oppeness di webometrics. Tool tersebut sering dikenal dengan nama Ahrefs. Ahrefs sendiri adalah sebuah platform SEO (Search Engine Optimization) yang digunakan untuk menganalisis dan memantau performa sebuah website di mesin pencari seperti Google. Ahrefs menawarkan berbagai fitur yang berguna bagi para pemilik website dan ahli SEO, seperti analisis kata kunci (keyword analysis), analisis backlink (backlink analysis), pemantauan peringkat (rank tracking), serta analisis konten (content analysis).

Dengan menggunakan Ahrefs, pengguna dapat mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan untuk website mereka, mengetahui siapa saja yang memberikan backlink ke website mereka dan memonitor kualitas backlink tersebut, serta memantau peringkat website mereka di mesin pencari. Dengan informasi ini, pengguna dapat mengoptimalkan website mereka agar dapat tampil lebih baik di hasil pencarian mesin pencari dan meningkatkan traffic ke website mereka.

SEO tool serbaguna yang juga harus Anda coba yaitu Ahrefs. Secara keseluruhan, tool yang dibangun pada 2011 ini memiliki lima fitur utama untuk optimasi SEO, yaitu:

  • Site Audit – Mengoptimasi performa SEO On PageKesimpulan:
  • Site Explorer – Menganalisa kompetitor, menampilkan data traffic organik dan profil backlink
  • Keyword Explorer – Menampilkan ribuan kata kunci, lengkap dengan analisa tingkat kesulitan, potensi, volume pencarian, dan lainnya
  • Content Explorer – Menemukan konten yang sedang populer dan menganalisis kinerja konten Anda
  • Rank Tracker – Memantau peringkat di mesin pencarian setiap waktu dan memberikan grafik persaingan dengan kompetitor

Di samping menyediakan data yang lengkap dan fitur yang unggul, Ahrefs sangat nyaman digunakan karena user interface yang intuitif. 

Ahrefs juga dilengkapi dengan informasi How To Use atau panduan lengkap di setiap toolnya. Jadi, siapapun bisa menggunakan SEO tool ini, baik pemula maupun profesional.

Beberapa dari fitur Ahrefs dapat dibuka secara gratis, tapi memang sangat terbatas. Untuk mendapatkan akses lengkap, terdapat percobaan gratis selama 7 hari hanya dengan USD 7. 

Untuk aku premium, Ahrefs relatif lebih mahal dibandingkan SEO tool lainnya, yaitu USD 99 hingga USD 999

Meski begitu, harga tersebut dibayar sebanding dengan kualitas yang Ahrefs berikan. Seperti memberikan data yang lengkap dan akurat, memiliki navigasi yang user-friendly, hingga memberikan hasil riset audit situs.

Fitur-fitur pada Ahrefs

fitur fitur ahrefs

Sebagai salah satu tools SEO yang populer, Ahrefs menyediakan berbagai macam fitur yang dapat membantu untuk melakukan analisa dan pengoptimalan baik guna mendukung On Page SEO atau Off Page SEO.

Berikut beberapa fitur yang tersedia pada Ahrefs premium :

1. Site Explorer

Site Explorer adalah fitur dari Ahrefs yang memiliki fungsi dalam menganalisa backlink dari berbagai sumber alamat domain website serta URL.

Ahrefs site explorer menggabungkan berbagai macam SEO tools yang bisa kamu gunakan dalam satu tampilan, contohnya:

  • Organic traffic research: fitur yang dapat kamu gunakan untuk dapat menganalisa keyword yang telah dipakai oleh kompetitormu.
  • Backlink checker: fitur yang dapat kamu gunakan untuk dapat menganalisa backlink baik pada website milikmu atau kompetitor.
  • Paid traffic research: fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui apakah kompetitor melakukan optimasi dengan paid search atau tidak.

Selain itu, fitur site explorer bisa kamu gunakan untuk :

  • Riset organic traffic
  • Riset paid keyword
  • Riset pages
  • Riset outgoing links

2. Keyword Explorer

Kamu dapat menemukan banyak ide yang dapat kamu pakai untuk mendapatkan keyword-keyword untuk kebutuhan konten pada website. Selain itu, Kamu juga dapat melakukan analisa ranking difficulty untuk menemukan potensi dalam mendapatkan traffic kunjungan pengguna.

Lalu, beberapa kelebihan pada keyword explorer ahrefs ini adalah:

  • Terdapat banyak keyword suggestion
  • Didukung dengan 171 negara
  • Data yang bisa didapat dari 10 search engine
  • Volume penelusuran yang akurat
  • Clicks Metric
  • Advanced SEO Metrics
  • SERP Overview & Positions History
  • Keyword Lists

Dengan berbagai kelebihan di atas, keyword explorer dari Ahrefs dapat membantumu dalam mencari keyword apa saja yang dapat membantu websitemu.

Baca Juga : Pentingnya Webometrics bagi Kampus

3. Backlink Data

Terdapat 54 miliar halaman website sudah di crawl, dan setiap 15 menit, halaman-halaman website yang telah terindex tsb akan diperbarui dengan data-data yang terbaru. 

Kamu juga dapat melihat backlink yang terdapat pada website orang lain dengan memasukkan alamat website atau URL apa saja ke dalam site explorer dan beberapa metrik SEO lainnya.

4. Content Explorer

Content Explorer dapat berguna untuk melihat konten mana saja yang memiliki performa yang baik dari jumlah backlink dan data traffic pencarian secara organik. Kamu cukup memasukkan keyword apapun di bagian content explorer dan hasilnya akan tertampilkan.

Lalu menariknya lagi, kamu juga dapat melihat konten-konten apa saja yang menautkan link mengarah ke website.

5. Rank Tracker

Rank Tracker adalah fitur untuk melacak peringkat dari keyword desktop dan mobile dari berbagai lokasi dimanapun.

Sehingga kamu lebih mudah memahami karena di fitur ini menyuguhkan data berupa grafis yang mudah di pahami. 

Cara Menganalisa Backlink Kompetitor dengan Ahrefs

Keunikan dari tools SEO Ahrefs ini adalah kamu dapat melakukan analisa backlink kompetitor, sehingga kamu dapat menirunya atau melakukan berbagai strategi agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor kamu.

Berikut panduan ahrefs yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa backlink kompetitor dengan ahrefs.

1. Daftar ke Fitur Premium

Sebelum menggunakan fitur ini secara leluasa, kamu dapat melakukan pembelian tools ini pada versi premium.

Walaupun berbayar, tapi jika mendapatkan fitur yang dapat membantu perkembangan SEO website, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba. 

Beruntungnya, Ahrefs menyediakan fitur trial selama 7 hari sebesar $7, artinya kamu hanya perlu membayar $1 per hari selama 7 hari. Tentu harga trial yang terjangkau ini, kamu jadi bisa coba rasakan manfaatnya menggunakan fitur ahrefs premium sebelum memutuskan untuk berlangganan.

2. Analisa Profile Backlink

Setelah memiliki akun Ahrefs premium, kamu dapat mengumpulkan website-website kompetitor untuk dianalisa pada profile backlinknya.

Kamu dapat melakukan pencarian di Google untuk mencari keyword yang diincar.

3. Optimasi pada fitur Site Explorer

Sekarang, setelah mendapatkan kata kunci yang ditargetkan, kamu akan mendapatkan beberapa referensi website-website yang menggunakan kata kunci tersebut. Kamu bisa coba copy URL tersebut, lalu masuk ke dalam fitur site explorer yang telah disediakan oleh Ahrefs. Lalu, paste URL dari website tersebut. 

Setelahnya, kamu dapat melihat secara lengkap profile backlink mulai dari jumlah backlink total, jumlah referring domain yaitu jumlah total domain/website yang mereferensikan). Kemudian jumlah organic keywords (jumlah total keyword yang terdapat di SERP) hingga jumlah total share di social media.

Berikut contoh analisa seo pada website berita populer seperti tirto.id

Keterangan: 

  • Ahrefs Rank: Ranking website versi Ahrefs
  • UR: UR atau URL Rating merupakan rating dari URL atau suatu halaman website . Bisa dikatakan UR ini hampir sama seperti parameter PA atau Page Authority.
  • DR: Domain Rating. Rating root domain atau nama domain tsb. Bisa dikatakan DR ini hampir sama seperti paramater DA atau Domain Authority.
  • Backlinks: Jumlah total backlinks pada website tsb
  • Referring Domain: Jumlah total domain yang mereferensikan.
  • Organic Keywords: Jumlah total keyword yang meranking di posisi 1-100 pada SERP.
  • Paid Keywords: Jumlah total keyword berbayar (paid search).
  • Organic Traffic: Estimasi trafik natural yang masuk ke dalam website.

4. Analisa pada Fitur Backlink

Di bagian ini akan terdapat 3 sub kategori yaitu New, Lost, dan Broken yang bisa dilakukan analisa terhadap backlink yang dimiliki pada website tersebut.

  • New adalah backlink yang baru didapat
  • Lost adalah backlink yang telah hilang baik karena dihapus atau telah pindah ke halaman website lain karena sebab tertentu
  • Broken Backlink yang hilang karena domain telah expired atau domain sudah tidak aktif lagi.

5. Sortir Backlink berdasarkan Authority Page

Pilih “DR” agar kamu bisa mengurutkan backlink berdasarkan authority domainnya. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui website mana yang menampilkan authority yang paling besar.

Nah, sampai tahap ini, kamu bisa menggunakan backlink tsb untuk melakukan optimasi SEO Off Page agar dapat menanamkan link pada website.

6. Sortir Backlink berdasarkan Link, Platform, dan Bahasa

Pada langkah ini, kamu dapat melakukan penyortiran backlink berdasarkan tipe link apakah do follow, redirect, governmental, educational, nofollow dsb. Sebagai rekomendasi, kamu dapat menggunakan tipe dofollow untuk mendapatkan backlink yang telah dipercaya oleh website tsb karena kualitasnya.

Lalu untuk penyortiran berdasarkan tipe platform, kamu dapat menggunakannya apabila menginginkan backlink dari platform-platform tertentu seperti Blog, Ecommerce, CMS, WordPress, dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir yaitu bahasa. Kamu dapat memilih pilihan ini jika  menginginkan website yang membuat konten dengan bahasa-bahasa yang sudah ditargetkan. Jika kamu mencari konten dengan topik berbahasa indonesia, kamu dapat memilih bahasa indonesia.

7. Kombinasikan Filter untuk Hasil Terbaik

Pada panduan Ahrefs di poin ini, kamu dapat melakukan kombinasi dari filter-filter yang ada di Ahrefs ini agar dapat menghasilkan list backlink yang optimal.

8. Cek URL Pagenya

Dari setiap backlink yang ditampilkan seperti cara yang dilakukan di poin-poin yang telah kita bahas di tadi, kamu dapat mengunjungi url referring pagenya satu persatu.

Nah, dari situ kamu dapat melakukan pertimbangan apakah mau menggunakan backlink tersebut untuk ditiru atau tidak. kamu dapat menggunakan backlink dengan DR paling tinggi.

Screaming Frog

Screaming Frog adalah sebuah perangkat lunak (software) desktop yang digunakan sebagai alat analisis SEO pada situs web. Alat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan audit teknis pada suatu situs web dan menemukan masalah seperti broken link, duplicate content, meta description kosong, dan banyak lagi. Screaming Frog dapat membantu dalam memperbaiki masalah teknis yang dapat mempengaruhi peringkat situs web pada mesin pencari seperti Google. Selain itu, Screaming Frog juga dapat membantu pengguna dalam melakukan analisis struktur situs web, menemukan kesalahan pengindeksan, dan mengidentifikasi URL yang terduplikasi. Alat ini sangat berguna bagi para profesional SEO, pemasar digital, dan web developer untuk membantu meningkatkan kinerja dan visibilitas suatu situs web di mesin pencari. Screaming Frog tersedia dalam versi gratis dan berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

1. Download dan Instal

Beberapa tools yang paling sering digunakan fitur dari Screaming Frog SEO Spider melalui studi kasus kecil. Ini akan sangat bagus jika Anda dapat mengikuti bersamaan, jadi mulai dengan men-download alat berikut: http://www.screamingfrog.co.uk/seo-spider/.

Tersedia untuk Windows, Mac dan Ubuntu dan hal ini benar-benar gratis, meskipun terbatas untuk menjelajahi 500 URI di bawah lisensi gratis. Membeli lisensi akan memungkinkan URI lebih yang dapat dijelajahi (berguna jika Anda sedang berhadapan dengan situs besar), serta memberi Anda beberapa fitur lagi.

2. Menjelajahi Situs Web

Pertama-tama kita perlu untuk memasukkan URL untuk spider. Paste root domain di dalam kotak dan tekan tombol Start.

Jika Anda ingin menjelajah subdomain tambahan (misalnya sebuah blog pada URL ‘blog.website.com’), Anda perlu memeriksa kotak Crawl All Subdomains di bawah Configuration > Spider.

Tergantung pada ukuran situs web Anda, proses menjelajah dapat memakan waktu beberapa menit. Periksa progress bar di sudut kanan atas untuk melihat bila sudah selesai. Kemudian kita dapat mulai menganalisa hasilnya.

3. Periksa Kode Respon

sebelum memulai, coba lah untuk melihat status kode HTTP dalam tab ‘Response Code’. Kode status HTTP yang paling penting adalah:

  • 200: OK
  • 301: Permanent redirect
  • 302: Temporary redirect
  • 404: Not found
  • 500: Server error
  • 503: Unavailable

Mulai dengan memeriksa semua pengalihan (301 dan 302) dan verifikasi bahwa Anda menggunakan versi yang benar. Ingat bahwa 301 adalah pengalihan permanen, sehingga mereka mengirimkan otoritas ke halaman baru. Ini tidak terjadi dengan pengalihan 302.

Kemudian kita dapat melihat kesalahan 404. Kesalahan ini muncul ketika Anda mencoba untuk mengunjungi halaman yang tidak ada – baik karena itu telah dihapus atau diganti nama (tanpa mengalihkan ke URL baru). Hentikan kesalahan ini dengan menerapkan 301 redirect ke halaman yang relevan.

Pada halaman ini Anda juga bisa mencari link internal yang terputus. Klik pada URL dengan kode status 4xx atau 5xx dan lihatlah In Links di tab di jendela bagian bawah.

4. URL

Di seri SEO kami, saya sudah menyebutkan pentingnya struktur URL yang baik. Dengan Screaming Frog SEO spider kita dapat menganalisa semua URL dari situs web melalui tab URL.

Mulai dengan memeriksa panjang setiap URL dengan mengurutkan kolom. Lihat jika Anda panjangnya tidak normal. Ingat bahwa URL yang baik itu pendek (sebaiknya hanya empat sampai lima kata) dan deskriptif (misalnya website.com/seo-tutorial bukannya website.com/p5145).

Jangan lupa untuk melihat pada filter untuk karakter non ASCII, underscores, huruf besar, duplikat dan URL dinamis. Elemen-elemen semua ini bisa menyebabkan masalah indeksasi, jadi yang terbaik adalah menyelesaikannya secepat mungkin.

5. Judul Halaman

Selanjutnya, kita dapat melihat judul-judul halaman. Setiap halaman harus memiliki judul yang unik dan kata kunci yang paling penting dari halaman harus digunakan pada bagian awalnya. Seperti yang dapat Anda lihat dari analisis ini, website kami menggunakan judul yang sama pada setiap halaman. Ini adalah sesuatu yang perlu diperbaiki secepat mungkin.

Ingat bahwa judul tidak boleh lebih dari 60 karakter? Meskipun hal ini masih merupakan metrik yang berguna, kita benar-benar harus melihat kolom Title 1 Pixel Width. Seperti nama yang disarankan, dia mengukur panjang judul dengan jumlah piksel sebagai ganti jumlah karakter. Google memotong judul yang lebih panjang daripada 512 piksel. Huruf dan angka tertentu mengambil lebih banyak ruang daripada yang lain (misalnya saya vs W), sehingga judul yang lebih pendek dari 60 karakter mungkin bisa saja tetap terlalu panjang.

6. Meta Descriptions

Meta descriptions digunakan di halaman hasil mesin pencarian di bawah judul halaman. Lebih baik untuk menjaganya berada di bawah 160 karakter. Deskripsi yang lebih panjang akan terpotong.

Dalam analisa kita, kita melihat bahwa field meta description 1 ini kosong, menyarankan bahwa tidak ada meta descriptions pada website ini. Ini berarti kita perlu menambahkan meta descriptions yang unik untuk setiap halaman.

Screaming Frog memiliki fitur baru berguna yang memungkinkan Anda untuk mensimulasikan potongan pencarian dan menganalisanya. Klik URL dan pilih tab SERP snippet di bagian bawah layar Anda. Ubah judul dan meta description dan lihat tampilannya pada desktop, smartphone atau tablet.

7. Gambar

Kecepatan halaman itu penting, tidak hanya untuk pengguna mobile tetapi juga untuk mesin pencari. Google telah menyatakan bahwa ia akan mengambil kecepatan halaman ke dalam pertimbangan untuk peringkat halaman web. Salah satu aspek-aspek yang dapat memperlambat halaman adalah gambar. Gambar resolusi tinggi dapat mengambil banyak bandwidth, itulah sebabnya mengapa yang terbaik adalah menjaga mereka di bawah 100kb.

Melalui filter images over 100kb Anda dapat mengekspor gambar yang terlalu besar dengan mudah. Jangan lupa untuk melihat alt-text juga. Pastikan setiap gambar memiliki teks alt unik dan deskriptif.

Tip: Anda dapat melihat kecepatan setiap halaman di tab kode respon di bawah response time. Periksa halaman yang menonjol dan gunakan alat seperti Yslow atau PageSpeed Insights untuk mempelajari lebih lanjut tentang waktu loading-nya.

8. Arahan

Di tab Directives Anda dapat melihat informasi tentang tag meta robot, link canonical dan anotasi rel=next/prev. Gunakan salah satu filter untuk dengan cepat melihat semua halaman dengan direktif jenis tertentu. Seperti yang Anda lihat; Laporan untuk Gero Wonen Meubelen ini kosong, berarti kita perlu untuk menerapkan tag yang tepat bila diperlukan.

9. XML Sitemap

Anda dapat menggunakan Screaming Frog SEO spider untuk menghasilkan XML Sitemap. Sitemap jenis ini digunakan oleh mesin pencari untuk memeriksa ulang jika mereka menemukan semua konten yang relevan. Ini adalah peta jalan yang membantu mereka menjelajahi situs web Anda.

Anda akan menemukan fitur ini di bar navigasi atas di bawah Sitemaps > Create XML Sitemap. Setelah file telah dibuat, Anda dapat secara manual mengubah prioritas dan mengubah frekuensi halaman tertentu.

Bagi kampus Anda yang belum berada di posisi teratas, kami siap menjadi konsultan Kampus Anda. Para Konsultan Iblu Academy berpengalaman membantu perangkingan webometrics kampus dan berhasil membantu kampus naik peringkat hingga ratusan digit.

Tunggu apa lagi ? yuk langsung saja kontak admin kami di 0813 3594 7772

Leave a Reply