Sebagian dari kamu (khususnya yang berada diluar lingkungan akademis) pastinya belum begitu familiar dengan istilah Pemeringkatan Webometrics. Webometrics ini muncul sebagai pemeringkatan berbagai Universitas yang tersebar di seluruh dunia.
Lantas apakah sebenarnya Webometrics ini? dan apa saja Indikator penilaian Webometrics? Yuk simak penjelasannya
Webometrics merupakan sebuah situs pemeringkatan perguruan tinggi se-dunia. Dikutip dari situs resminya, Webometrics Ranking of World Universities adalah inisiasi dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC)
Penilaian webometrics dilakukan terjadwal dua kali dalam setahun, yaitu pada periode bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Kamu bisa memeriksa pengumuman ranking webometrics kampus di Indonesia melalui link berikut: webometrics.info/en/Asia/Indonesia
Penelitian yang dihasilkan setiap perguruan tinggi juga menjadi tolok ukur dalam ranking versi Webometrics. Studi yang diukur termasuk publikasi formal dan komunikasi ilmiah informal.
Pihak Webometrics menyebut, mereka bermaksud memotivasi perguruan tinggi dan para cendekiawan untuk memiliki situs yang mencerminkan aktivitas mereka dengan akurat.
Lalu apa saja Indikator penilaian Webometrics? Langsung simak penjelasan dibawah ini
Indikator Penilaian Pemeringkatan Webometrics
- Visibility Impact,
- Visibility Impact adalah kualitas konten di evaluasi melalui “virtual referendum” dengan menghitung semua external links yang diterima oleh webdomain Universitas dari pihak ketiga
- Visibilitas link dikumpulkan dari dua provider informasi yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Keduanya menggunakan crawler sendiri, menghasilkan database yang berbeda yang digunakan bersama-sama untuk saling melengkapi. Bobot penilaian dari indikator ini adalah 50%
- Openness
- Openness merupakan jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di perguruan tinggi berdasarkan Google Scholar
- Openness ini merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.pd, .eps), Microsoft Word (.doc, .docx), dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Bobot penilaian dari indikator ini adalah 10%
- Excellence
- Excellence adalah inikator penilaian dari jumlah makalah di antara 10% teratas yang paling banyak dikutip di 27 disiplin ilmu. Data yang diambil saat ini adalah periode lima (5) tahun, 2015-2019. Bobot penilaian dari indikator ini adalah 40%