You are currently viewing Fungsi Textsplit Excel 365: Cara Cepat Memisahkan/Split Text dan Data Kamu

Fungsi Textsplit Excel 365: Cara Cepat Memisahkan/Split Text dan Data Kamu

Fungsi Textsplit Excel 365 – Excel 365 merupakan salah satu program pengolah angka dari Microsoft Office yang paling populer dan sering digunakan di dunia. Excel 365 dilengkapi dengan berbagai fitur yang berguna, salah satunya adalah fungsi Textsplit. Fungsi ini digunakan untuk memecah teks atau data ke dalam beberapa kolom berdasarkan kriteria tertentu. Pada artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai fungsi Textsplit dan bagaimana cara menggunakannya.

PENGERTIAN FUNGSI TEXTSPLIT

Fungsi Textsplit merupakan salah satu fitur pada Excel 365 yang berfungsi untuk memecah teks atau data ke dalam beberapa kolom. Fungsi ini sangat berguna bagi pengguna yang sering bekerja dengan data yang memerlukan pemecahan teks atau data ke dalam beberapa kolom. Misalnya saja pada data yang berisi nama lengkap, alamat, atau nomor telepon yang ingin dipisahkan menjadi beberapa kolom yang berbeda.

Keuntungan Menggunakan Fungsi Textsplit

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan fungsi ini pada Excel 365:

  • Mempermudah pemecahan teks atau data ke dalam beberapa kolom
  • Menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu memecah data secara manual
  • Meminimalkan kesalahan pemecahan teks atau data

SINTAKS Fungsi Textsplit Excel 365

=TEXTSPLIT(text,col_delimiter,[row_delimiter],[ignore_empty], [match_mode], [pad_with])

Sintaks diatas memiliki argumen berikut:

  • Teks        : Teks yang ingin Anda pisahkan. Diperlukan.
  • col_delimiter : Teks yang menandai titik tempat untuk menumpahkan teks di seluruh kolom.
  • row_delimiter    : Teks yang menandai titik tempat untuk menumpahkan teks ke bawah baris. Opsional.
  • ignore_empty      : Tentukan TRUE untuk mengabaikan pemisah berurutan. Default ke FALSE, yang membuat sel kosong. Opsional.
  • match_mode     : Tentukan 1 untuk melakukan kecocokan yang tidak peka huruf besar kecil. Default ke 0, yang melakukan kecocokan peka huruf besar kecil. Opsional.
  • pad_with         : Nilai untuk mengalihkan hasil. Defaultnya adalah #N/A.

Contoh Penggunaan Fungsi Textsplit Pada Excel 365

Misalnya kita memiliki data seperti dibawah ini

Fungsi Textsplit Excel 365

Dari data diatas kita diminta untuk memisahkan teks yang ada di kolom “Nama Lengkap”, menjadi “Nama Depan” dan “Nama Belakang”.

Cara Pengerjaannya Adalah Sebagai Berikut:

1. Pada Sel B2, masukkan rumus/fungsi =textsplit(

Fungsi Textsplit Excel 365

2. Select data yang akan kita split isi teksnya (A2), setelah itu beri separator sesuai komputer anda

*Bisa Titik Koma (;) atau Koma (,)

Fungsi Textsplit Excel 365

3. Masukkan pemisah data teks anda pada rumus yang ada (pada contoh diatas, pemisah yang digunakan adalah spasi ” “), Setelah itu beri tutup kurung dan tekan Enter

4. Setelah tekan Enter, maka pada bagian nama lengkap sudah terpisah menjadi Nama Depan dan Nama Belakang secara otomatis.

5. Untuk memisahkan teks yang ada di baris ke 3 ke bawah, kita langsung copy rumus yang ada di baris 2 dengan menggunakan Fill Handle.

Note.

*Nama Lengkap yang terdiri dari 3 kata atau lebih, maka kata ketiganya akan berada pada kelanjutan dari kolom yang sudah disiapkan.

Tapi Sobat iBLU tenang saja, karena Excel 365 juga sudah menyediakan rumus/formula lain untuk mengatasi masalah tersebut. Ingin Tau rumus apa itu? Silahkan Klik Link yang ada dibawah ini

Fungsi TextBefore dan TextAfter: Tips Mengekstrak Kata pada Sebuah Kalimat

Baca Selengkapnya

Itu tadi penjelasan mengenai fitur terbaru dari Microsoft Office by IBLU Academy, semoga bermanfaat

Nah, jadi gimana nih? ingin lebih tau tentang lebih banyak fitur-fitur yang ada di Microsoft Excel? Yuk klik dibawah ini jika ingin mengikuti kelas Excel Zero to Hero mengetahui lebih dalam tentang Fitur-fitur yang ada di Microsoft Excel.

Selanjutnya Mau Bahas tentang Apa Lagi ni? Komen Dibawah Yaa..

Leave a Reply