Copywriting Menarik merupakan sebuah skill untuk mempengaruhi calon pembaca lewat sebuah tulisan.
Menurut jefkins (1996), copywriting adalah penulisan naskah iklan atau promosi sebuah produk (barang atau jasa). Dengan kata lain, copywriting adalah aktivitas membuat dan menghasilkan tulisan (teks/naskah) untuk kepentingan iklan.
Adapun manfaat dari mempelajari copywriting antara lain: Meningkatkan closing rate, memperkuat branding, dan membangun ikatan dengan audience.
Anatomy Copywriting Menarik
- Headline / judul
Tugas dari headline atau judul bukan untuk membuat orang beli, melainkan membuat orang berhenti dari aktivitas yang mereka lakukan dan melihat copywriting iklan/konten anda.
- Isi / Body
Tugas dari isi adalah menjawab dan menjelaskan apa yang anda janjikan
- Call to action (CTA)
Tugas dari CTA/ajakan bertindak adalah memberikan arahan pembaca, apa yang mereka harus lakukan setelah membaca tulisan anda
3 Tips Menulis Copywriting Menarik dengan Baik dan Benar
1. Membuat buyer persona
Buyer persona adalah orang fiktif yang sengaja diciptakan dengan karakteristik tertentu sebagai target konsumen. Buyer persona ini mewujudkan siapa konsumen terbaik dalam bisnis Anda, seperti apa wajahnya, bagaimana sifatnya, dan bagaimana ia mengambil suatu keputusan.
kita memposisikan diri sebagai target market kita. Seperti: nama, usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pekerjaan mereka, masalah terbesar, kepercayaan yang salah yang mereka punya, apa keinginan mereka, kendala mereka belum membeli produk anda, siapa publik figur yang mereka idolakan, media online yang sering mereka akses, kompetitor/ tempat mereka belanja.
2. Memahami product knowledge
Untuk membuat copywriting yang baik kita harus memahami product knowledge seperti fitur dan manfaat dari produk kita. Semakin detail pemahaman kita terkait product knowledge maka akan semakin baik
3. Menggunakan formula A I D A
berikut merupakan penjelasan detail mengenai formula A I D A:
ATTENTION – perhatian (atau bisa dikatakan headlinenya)
- Menarik perhatian pembaca
- Memberikan solusi atas permasalahan
- Menggunakan tanda tanya atau tanda seru
Contoh:
“Kamu sering insecure dengan berat badan kamu?”
“Ini dia rahasia mendapatkan 10juta dalam 1 pekan!”
“Sudah olahraga tapi nggak kurus-kurus?”
INTEREST – kalimat yang semakin membuat audience tertarik
- Informasi atau fakta
- Statistik
- Studi kasus
- Ajukan pertanyaan
Contoh:
- Menurut riset X, 8 dari 10 wanita milenial sering merasa insecure dengan berat badan mereka.
- Faktanya dari 3 pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan di Jobstreet, Kompetensi IT paling banyak diminati. Sudah siapkah Anda? Tenang, ini dia solusinya.
DESIRE – kalimat yang semakin menimbulkan hasrat untuk melakukan aksi
- Penawaran
- Alasan
- Hasrat
- bonus
Contoh:
Kabar baiknya, produk kami terbukti bisa menurunkan berat badan hingga X Kg dalam waktu 10 hari, menjaga daya tahan tubuh dan mempertahankan berat badan ideal.
ACTION – kalimat yang membuat audience melakukan aksi
- Kalimat ajakan
- Contact person
- Link
- Aksi tertentu lainnya
Contoh:
- Kamu juga berkesempatan mendapatkan diskon special hingga 40%. Tunggu apa lagi, hubungi kami sekarang.
- Tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda sekarang juga, hubungi admin di 08xxx atau KLIK Link berikut ini.
Contoh Caption yang Memenuhi Standar AIDA
Ingin mengetahui berbagai macam tips dan trik lainnya dan belajar lebih dalam mengenai Copywriting?
Segera gabung bersama kami di program Digital Marketing BNSP