You are currently viewing Meningkatkan Kinerja Bisnis dengan Digital Marketing

Meningkatkan Kinerja Bisnis dengan Digital Marketing

Digital marketing dapat membantu menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang melalui metode tradisional dan menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan. Selain itu, seringkali lebih hemat biaya daripada iklan tradisional dan memungkinkankita mengukur kesuksesan setiap hari dan berputar sesuai keinginan kita, sehingga kita bisa meningkatkan kinerja bisnis menjadi lebih efisien.

Mengapa Perlu Menggunakan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis ?

Mengingat saat ini sudah memasuk era serba digital, berikut beberapa manfaat jika menerapkan digital marketing

1. Dapat Menargetkan Audiens

Jika memasang iklan di TV, di majalah, atau di papan reklame, kita memiliki kontrol terbatas atas siapa yang melihat iklan tersebut. Tentu saja,kita dapat mengukur demografi tertentu — termasuk pembaca khas majalah atau demografis lingkungan tertentu  — tetapi  sebagian besar masih merupakan bidikan dalam kegelapan.

Digital marketing memungkinkan untuk mengidentifikasi dan menargetkan audiens yang sangat spesifik dengan pesan pemasaran yang dipersonalisasi dan berkonversi tinggi.

dengan digital marketing dapat menargetka audience

Misalnya, kita dapat menggunakan penargetan media sosial untuk menampilkan iklan kepada audiens tertentu berdasarkan variabel seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, jaringan, atau perilaku. Atau, anda dapat menggunakan strategi PPC atau SEO untuk menayangkan iklan kepada pengguna yang telah menunjukkan minat atau menelusuri kata kunci tertentu yang terkait dengan produk, layanan, atau industri kita.

Pada akhirnya, Digital marketing membantu melakukan penelitian yang diperlukan untuk mengidentifikasi persona pembeli produk atau jasa dan menyempurnakan strategi untuk memastikan produk atau jasa kita menjangkau prospek yang kemungkinan besar akan membeli.

2. Lebih Hemat Daripada Pemasaran Tradisional

Digital marketing dapat membantu melacak kinerja promosi sehari-hari, sehingga kita tahu saluran apa yang berkinerja baik dan mana yang tidak, membantu mengoptimalkan anggaran promosi untuk ROI tinggi.

dengan digital marketing biaya yang dikeluarkan lebih hemat

Plus, dengan Digital marketing, kita memiliki kendali penuh atas memilih untuk membelanjakan uang kita. Mungkinkita menghabiskan uang untuk perangkat lunak desain untuk membuat konten Instagram dengan konversi tinggi daripada membayar kampanye PPC. Strategi Digital marketing memungkinkan untuk berputar terus menerus, dan memastikan kita tidak pernah membuang-buang uang untuk saluran yang tidak berkinerja baik.

Pada umumnya, Digital marketing adalah solusi yang lebih hemat biaya dan memberikan peluang unik untuk memastikan kita mendapatkan hasil maksimal.

3. Produk bisa bersaing dengan segala brand

Jik kita bekerja untuk bisnis kecil,  kemungkinan sulit bagi untuk bersaing dengan merek-merek besar di industri kita, banyak di antaranya memiliki jutaan dolar untuk diinvestasikan dalam promosi. Untungnya, ada banyak peluang untuk mengungguli pemain besar melalui inisiatif Digital marketing strategis.

Optimasi pencarian dengan memberikan kata kunci yang sering di cari oleh audience

Misalnya, kita mungkin menggunakan kata kunci ekor panjang untuk membuat konten berkualitas tinggi yang berperingkat di mesin pencari. Mesin pencari tidak peduli merek mana yang terbesar, tetapi peduli tentang memprioritaskan konten yang paling beresonansi dengan audiens target.

4. Digital marketing dapat diukur.

Meskipun iklan tradisional dapat membantu untuk tujuan tertentu, batasan terbesarnya adalah pengukuran. Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari Digital marketing, karena dapat memberi kita tampilan awal hingga akhir dari semua metrik yang penting bagi perusahaan termasuk tayangan, berbagi, tampilan, klik, dan waktu di halaman.

dengan ads kita dapat mengetahui performa bisnis melalui insight

Tidak seperti kebanyakan upaya pemasaran offline, Digital marketing memungkinkan pemasar untuk melihat hasil yang akurat secara real-time. Jika kita pernah memasang iklan di surat kabar,kita akan tahu betapa sulitnya memperkirakan berapa banyak orang yang membalik ke halaman itu dan memperhatikannya.  Tidak ada  cara pasti untuk mengetahui apakah iklan itu bertanggung jawab atas penjualan apapun.

5. Lebih mudah untuk beradaptasi dan mengubah strategi Digital marketing.

Banyak pekerjaan yang dilakukan untuk mengembangkan strategi pemasaran. Umumnya,kita akan menindaklanjuti strategi itu sampai selesai, membiarkannya berlaku, dan kemudian menilai hasilnya. Namun, hal-hal tidak selalu berjalan sesuai rencana. Kita mungkin menyadari di tengah jalan bahwa perhitungan tidak aktif, asumsi salah, atau audiens tidak bereaksi seperti yang diharapkan. Mampu berputar atau menyesuaikan strategi di sepanjang jalan sangat bermanfaat karena mencegah dari keharusan untuk memulai dari awal sepenuhnya.

Mampu mengubah strategi dengan mudah adalah manfaat besar dari Digital marketing. Mengadaptasi strategi Digital marketing jauh lebih mudah daripada bentuk pemasaran lain yang lebih tradisional, seperti mailer atau iklan billboard. Misalnya, jika iklan online tidak ditayangkan seperti yang diharapkan,kita dapat dengan cepat menyesuaikannya atau menjedanya untuk memberikan hasil yang lebih baik.

6. Digital marketing dapat meningkatkan tingkat konversi dan kualitas prospek bisnis.

Karena Digital marketing membuatnya lebih mudah untuk mengukur upaya pemasaran kita, ini membuat peningkatan tingkat konversi kita juga lebih sederhana. Mampu mengukur efektivitas setiap taktik membantu kita mengembangkan strategi yang lebih baik.

Selain itu, semua prospek tidak menawarkan nilai yang sama untuk bisnis kita. Digital marketing memungkinkan untuk menargetkan audiens tertentu yang akan menghasilkan prospek berkualitas lebih tinggi yang lebih mungkin menjadi pelanggan. Menghubungkan bisnis dengan prospek yang paling berharga akan secara langsung meningkatkan rasio konversi kita.

7. Dapat melibatkan audiens di setiap tahap dengan Digital marketing.

Sangat penting untuk mulai melibatkan audiens sedini mungkin. Membuat koneksi pada tahap pertama perjalanan pembeli membantu mendorong prospek melalui corong pelanggan. Menggunakan Digital marketing memungkinkan untuk mencapainya dari awal hingga akhir dan di setiap titik di antaranya.

Saluran online memungkinkan kita untuk mengikuti seluruh perjalanan pembelian pelanggan. Memahami dan menganalisis bagaimana pelanggan bergerak dan beroperasi penting untuk mengonversi prospek. Digital marketing memungkinkan kita melacak mereka melalui proses itu. Dan, bahkan jika  mereka tidak berkonversi pada tahap awal, setidaknya membantu memastikan mereka telah membuat koneksi dengan bisnis kita.

Nah, jadi gimana nih sudah siapkah beralih ke Digital Marketing untuk meningkatkan kinerja bisnis kalian? Yuk klik dibawah ini jika ingin mengetahui lebih dalam tentang stategi digital marketing.

Leave a Reply