You are currently viewing Analisis Target Market Bantu Jangkau Konsumen

Analisis Target Market Bantu Jangkau Konsumen

Analisis target market adalah proses mencari tahu siapa pelanggan anda, apa yang mereka inginkan, dan cara terbaik untuk menjangkau mereka. Ini merupakan langkah pertama dalam membuat konten atau produk yang menarik bagi mereka.

Semakin detail informasi market Anda, semakin baik Anda memahami market Anda dan semakin besar kemungkinan Anda membuat pesan yang beresonansi dengan mereka.

Analisis ini dapat membantu bisnis lebih menjangkau pada konsumen yang tepat. Berikut manfaat yang dapat membantu bisnis Anda dengan adanya analisis:

1. Fokus Terhadap Target Market

Fokuskan upaya pemasaran Anda pada konsumen yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda. Anda dapat memaksimalkan peluang sukses Anda dengan memfokuskan sumber daya pemasaran Anda pada pelanggan yang paling mungkin menghasilkan pendapatan. 

2 Manfaatkan Marketing Message

Jadikan pesan pemasaran Anda lebih relevan dengan mensegmentasikan basis pelanggan Anda. Tidak semua pelanggan sama. Anda dapat mengelompokkan basis pelanggan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi, atau karakteristik lain apa pun yang terkait dengan bisnis Anda.

3. Hemat

Hemat  uang dengan menghindari promosi pemasaran yang tidak mungkin menjangkau pelanggan potensial Anda. Memasarkan ke market yang salah hanya membuang-buang waktu dan uang.

4 Area Analisis Target Market

Anda dapat menggunakan pendekatan yang berbeda untuk analisis. Metode Anda harus bergantung pada kebutuhan dan tujuan spesifik Anda. 

1. Analisis Demografi

Demografi adalah karakteristik penduduk seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, tingkat pendapatan, status perkawinan, suku/ras, status sosial ekonomi, dan letak geografis. 

2. Analisis Psikografis

Psikografis adalah metode segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis dan sosiologis seperti nilai, sikap, kepercayaan, dan pilihan gaya hidup.

Riset psikografis memungkinkan pemasar untuk lebih memahami perilaku, motivasi, dan preferensi market target mereka. Ini adalah faktor kunci untuk berhasil menargetkan konsumen tertentu. 

3. Analisis Situasi

Analisis situasi adalah tentang memahami lingkungan kelompok sasaran dan menganalisis konteks di mana mereka membuat keputusan dan bertindak.

Ini mengkaji faktor eksternal seperti tren ekonomi, perkembangan teknologi dan dinamika lain yang mempengaruhi perilaku dan preferensi kelompok sasaran.

Misalnya, tren budaya populer (acara TV/film/musik) dan perubahan politik atau ekonomi dapat memengaruhi perilaku atau sikap konsumen terhadap produk atau layanan tertentu. 

4. Analisis Pengetahuan Sebelumnya

Analisis pengetahuan sebelumnya memeriksa apa yang sudah diketahui pelanggan potensial tentang merek Anda sebelum mereka menerima komunikasi pemasaran.

Pemasar tahu apa yang sudah diketahui pembeli potensial tentang perusahaan dan dapat memberikan informasi yang relevan tanpa membebani mereka dengan detail yang berlebihan. Ini juga membantu pemasar mengukur minat pelanggan mereka pada suatu topik sebelum meluncurkan promosi. 

5. Analisis Latar Belakang

Latar belakang budaya membentuk sikap seseorang terhadap produk atau layanan tertentu dan memengaruhi cara mereka menginterpretasikan berbagai bentuk komunikasi merek, seperti iklan dan materi promosi.

Mempelajari latar belakang budaya memberikan informasi berharga tentang hambatan bahasa. Ini harus diperhitungkan saat berkomunikasi dengan calon pelanggan yang berbicara bahasa berbeda. Mengembangkan strategi komunikasi yang efektif dan peka budaya sangat penting untuk keberhasilan penelitian khalayak. 

Melakukan analisis target merupakan bagian penting dari setiap ukuran pemasaran. Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran yang menjangkau target market Anda.

Leave a Reply